Teman Terakhir dan Sampai Akhir

Didalam sebuah ruangan kampus ada kumpulan mahasiswa S2 yang sedang menunggu dosen untuk memulai mata kuliah mereka. Sambil menunggu dosen para mahasiswa asyik ngobrol satu dengan yang lainnya. Obrolan mereka sangat seru sehingga membuat suasan ruangan begitu ramai, mungkin ada yang ngobrol tentang pekerjaan mereka sehari-hari atau yang lainnya.


Sebagian besar mahasiswa tersebut sudah berumah tangga dan ada seorang mahasiswa laki-laki yang memajang poto anak-anaknya didalam buku filenya dan tanpa sengaja terlihat oleh temannya dan terjadi obrolan singkat.
Mahasiswa A (yang melihat poto anak temannya dan Mahasiswa B (yang memajang poto anaknya)
Mahasiswa A : kenapa hanya poto anakmu dimana poto istrimu?
Mahasiswa B : tidak saya pajang (jawabnya singkat)
Mahasiswa A : Apa kamu tidak sayang dengan istrimu?

Mahasiswa B : tidak ada hubungan poto dengan rasa sayang.

Dan tiba-tiba sang Dosen masuk ke ruangan dan tanpa sengaja mendengar obrolan singkat mereka. Kemudian dosen menulis ada 5 objek di whiteboard depan ruangan. Kelima objek itu adalah Tetangga, istri, Orang Tua, Anak dan Teman Kerja. Semua mahasiswa tertuju dengan tulisan di papan tulis.


Sang Dosen pun memanggil Mahasiswa B tadi dan menyuruh kedepan ruangan. Ketika Mahasiswa B datang ke depan ruangan dia berkata kepada dosen apa yang harus dia perbuat kedepan. Kemudian terjadi lah pembicaraan antara dosen dan mahasiswa B.

Dosen                   : Tolong coret salah satu dengan instruksi yang saya sebutkan.
Mahasiswa B        : Siap Pak..
Dosen                   : Coba kamu coret satu dari lima objek ini dan berikan alasannya.
Mahasiswa B       : Mencoret Teman Kerja dan memberikan alasan jika dia masih bisa bekerja sendiri                                 tanpa dibantu oleh teman kerjanya
Dosen                   : OK baiklah dan coba kamu coret lagi satu dari 4 objek ini dan berikan alasannya                                   juga                   

Mahasiswa B      : Mencoret Tetangga dan memberikan alasannya, dia memiliki keluarga yang hebat                                 dan tanpa tetangga juga tidak ada masalah dan hidupnya akan baik-baik saja.

(Dan tinggal lah 3 objek yaitu : Istri, Orang tua dan Anak)

Dosen                   : Baik dan coba kamu coret lagi satu dari 3 objek ini dan berikan juga alasannya.

(Disinilah si Mahasiswa B menentukan pilihan yang sulit dan sambil tunduk dengan tangannya yang berat untuk mencoret)

Mahasiswa B    : Mencoret Orang tua dan memberikan alasannya, ketika saya memilih untuk                                         berumah tangga, saya meninggalkan orang tua saya dan hidup bersama keluarga saya                             dan ini alasannya saya kenapa saya mencoret orang tua.

Dosen           : Ok.., baiklah dan sekarang kamu coba coret satu lagi diantara 2 objek ini.

(Masih dengan pilihan sulit untuk si Mahasiswa B dan dengan sangat hati-hati pun dia mulai mencoret)

Mahasiswa B      : Mencoret Anak

Dosen      : kenapa kamu mencoret anak dan membiarkan istri tetap bertahan. Saya tadi tidak sengaja                    mendengar obrolan kamu dengan teman kamu, bahwa kamu memajang foto anakmu dan                      saya pikir kamu sangat menyayangngi anakmu lebih dari istrimu.

Mahasiswa B      : Baik Pak. Kenapa saya mencoret anak dan membiarkan istri tetap bertahan. Pada saat sekarang ini anak-anak saya adalah harapan saya dan ketika mereka kelak dewasa dan menikah, mereka pasti akan meninggalkan saya dan hidup bersama pasangannya. Ketika anak-anak saya satu persatu meninggalkan saya karena menikah tetapi istri saya tetap ada buat saya baik dalam keadaan suka maupun duka. Istri saya akan selalu setia menemani saya dikala anak-anak saya meninggalkan kami berdua. Itu sebabnya saya memutuskan pilihan itu.

Mendengar ucapan sang Mahasiswa B, seluruh isi kelas merasa terharu dan ada juga yang meneteskan air mata atas ucapan bijak temannya. Memang para suami selalu memajang poto anak-anaknya di tempat yang terlihat tetapi poto sang istri, selalu dipajang di hati sang suami yang tidak terlihat oleh siapapun dan hanya suami yang bisa merasakannya.

SEKIAN!!!!
Share on Google Plus

About Budi Erik Manullang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment